Event Anggrek

Diposting oleh aisyah , Kamis, 06 Februari 2014 07.06


Pameran Anggrek


 

Pada November 2011, Singapura untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah “World Orchid Conference” yang merupakan ajang pameran terbesar dan tepercaya dari agenda kegiatan “penganggrekan” di tingkat internasional yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu ini mengusung tema “Where Old and New World Orchids Meet” dengan mengombinasikan konferensi dan pameran pada sebuah arena seluas 16.000 m² di Marina Bay Sands Expo and Convention Centre. Di sini dipamerkan 50 ribu tanaman anggrek langka, terbaik dan terspektakuler yang diikuti oleh growers dan breeders dari berbagai negara.
Konsep pameran dirancang “mengalir” dengan mengelompokkan kegiatan pada tiga area yaitu landscape display, educational display dan market place serta ditata berorientasi pada satu titik show centerpiece yang merupakan “kejutan” (surprise) bagi pengunjung ketika masuk ke dalam ruang pameran.
Landscape display merupakan daya tarik utama pengunjung, karena beragam anggrek koleksi istimewa dipadukan dengan tanaman hias nonanggrek lainnya. Indonesia hadir dalam tiga versi yang diwakili oleh Bali Orchid Society, Indonesia Orchid Society dan Palembang Orchid Association. Setiap daerah menampilkan display dilengkapi dengan aksesori taman sebagai benda seni (artwork) khas daerahnya seperti sculpture, kerajinan kayu, tenun khas daerah dan miniatur rumah adat.
Negara lain yang menarik perhatian yaitu Papua New Guinea yang dilengkapi dengan artwork berupa tameng pahatan kayu wajah manusia tradisional dan memperoleh penghargaan medali emas untuk kategori landscape display ukuran 100 m². Thailand yang diwakili oleh Chaiwathana Orchid Garden Co. Ltd. dan Taiwan yang diwakili oleh Council of Agriculture, Executive Yuan Taiwan Orchid Growers Association memenangkan kategori display ukuran 50 m².
Aplikasi lebih modern dipamerkan pada sudut Seed Germination and in Vitro Cultivation dimana anggrek Phalaenopsis berukuran besar, diselipkan di antara greeneries dalam konsep vertical garden. Beragam tanaman hias yang memiliki keistimewaan pada pola dan tekstur daunnya merupakan latar belakang sehingga menonjolkan keindahan anggrek lebih sempurna.


sumber: http://majalahasri.com/ajang-pameran-anggrek-dunia/

0 Response to "Event Anggrek"

Posting Komentar