Kopi Kelelawar

Diposting oleh aisyah , Rabu, 05 Februari 2014 06.19

KOPI KELELAWAR

Kopi Kelelawar ini juga dibuat dari biji kopi yang ditemukan di dalam kotoran kelelawar, atau Corynorhinus townsendii.




Di mana kita bisa menemui Kopi Kelelawar ini?
Tidak usah jauh-jauh. Di Indonesia pun sudah dijual dan kamu pun bisa memesannya kalo berminat. Harganya nggak semahal Kopi Luwak, apalagi Kopi Gajah. Cuma Rp 25.000 aja per kilo untuk yang sudah kering, dan Rp 20.000 untuk yang masih berkulit.

Kenapa Kopi Kelelawar bisa lebih murah harganya?
Karena para petani kopi ini nggak usah secara khusus memelihara kelelawar. Kelelawar dengan suka rela sering terbang di sekitaran kebun-kebun kopi dan membuang kotoran mereka di situ. 
Jadi memang lebih mudah didapatnya ketimbang luwak yang harus dipelihara.

Seorang pria keturunan Sunda-Jepang, Bapak Parman Nataatmadja, yang pernah menjadi pengusaha gaplek, melepas statusnya sebagai pengusaha karena ingin berkonsentrasi sebagai pemimpin PT 
Permodalan Nasional Madani (Persero) yang salah satu mitranya adalah petani kopi di Gungun Dempo, Pagar Alam, Sumatra Selatan. 

Daerah ini memang terkenal sebagai penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia.

Parman bercerita bahwa para petani Kopi Kelelawar sebelumnya adalah petani Kopi Luwak, tapi karena pengusaha Kopi Luwak makin banyak dan harganya juga kurang dapat bersaing, mereka beralih berjualan Kopi Kelelawar.

Sayangnya, menurut Parman, Kopi Kelelawar ini proses pengolahan biji kopinya masih tradisional dan belum di-blend, jadi aromanya kurang harum.




Di Amerika Serikat, Kopi Kelelawar ini dikenal dengan nama “Guano” dan harganya $300 per seperempat ons.

Beda di Indonesia yang punya Kopi Luwak dan Kopi Kelelawar, beda di Thailand dan Sri Lanka yang punya Kopi Gajah, di Amerika ada seorang laki-laki yang berasal dari Portlan, Oregon, menjual “kopinya”. 
Kopinya? Iya, laki-laki nekad ini menjual biji kopi yang berasal dari kotorannya sendiri secara online di Craiglist. Waduh! Harganya? $30 per ons, dan dia sanggup mengirim kopi pesanan pelanggannya, bahkan pada hari libur.



sumber: http://kopikeliling.com/news/kopi-batman-kopi-kelelawar-manusia.html

0 Response to "Kopi Kelelawar"

Posting Komentar