Coban Pelangi

Diposting oleh aisyah , Jumat, 24 Januari 2014 07.50

COBAN PELANGI 



Coban Pelangi merupakan salah satu wanawisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, kawasan ini dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Tempat wisata alam air terjun (coban) yang berada di wilayah kecamatan Poncokusumo yakni sekitar 23 KM dari pusat kota Malang ke arah timur. Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki Gunung Semeru arah ke desa Ngadas.dan memiliki terjunan air setinggi kurang lebih 110 m. 




Dinamakan Coban Pelangi karena air terjun ini sering membiaskan warna pelangi.
Apalagi jika cuaca sedang berbaik hati, pengunjung bisa menikmati keindahan pelangi di 
tebing-tebing. Pelangi ini biasanya muncul antar pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang dimana pelangi tersebut terbentuk akibat butiran-butiran air yang lembut terbawa oleh angin kemudian mendapat efek cahaya dari sinar matahari. Suhu udara di kawasan ini berkisar antara 19 - 23 derajat Celcius. 


Air terjun ini mempunyai beberapa keunikan. Yang pertama adalah jembatan cinta. Pasti kita semua akan bertanya tanya ketika pertama kali mendengar istilah itu. Istilah itu lebih tepatnya ditujukan pada muda mudi yang berkunjung ke coban pelangi. Yang dimaksud dengan jembatan cinta disini adalah sebuah jembatan yang dasarnya terbuat dari bamboo. Jembatan ini juga hanya bisa dilewati oleh dua orang, jadi mau tidak mau ketika sepasang muda mudi melewati jembatan itu mereka biasanya berpegangan tangan. Jadi jembatan itu menjadi semacam menyatukan cinta. Itulah kenapa disebut jembatan cinta.



Bagi para pendaki Gunung Semeru, air terjun ini tidak asing bagi mereka, karena mobil jeep angkutan umum satu-satunya yang membawa mereka dari pasar Tumpang menuju ke Gunung Bromo akan melewati lokasi ini.


 















KARYA: AISYAH VELYA A

0 Response to "Coban Pelangi"

Posting Komentar